5 Cara Alami Atasi Batuk Pilek Anak

5 Cara Alami Atasi Batuk Pilek Anak

Batuk pilek memang sering dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Batuk pilek juga termasuk penyakit biasa untuk anak-anak, oleh karena itu bunda harus bijak dalam memilih dan memberikan obat batuk pilek anak.
Salah satunya dengan cara dan obat alami untuk meredakan gejala yang timbul. Dengan begitu efek samping juga akan semakin sedikit, karena jika anak mengkonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering obat kimia juga tidak baik.
Oleh karena itu bunda perlu mengetahui bahan, obat dan cara alami apa saja yang dapat mengatasi batuk pilek pada anak tersebut supaya meminimalisir efek samping dan risiko yang akan terjadi.

Cara Alami Atasi Batuk Pilek Anak

5 Cara Alami Atasi Batuk Pilek Anak

  • Cara Dengan Uap
    Uap bisa kita gunakan untuk memperlancar hidung anak yang tersumbat karena pilek. Caranya saat anak mandi, kita nyalakan air panas di dalam kamar mandi supaya menghasilkan uap hangat.
    Kemudian tutup pintu, bunda juga dapat duduk bersama anak di dalam ruangan atau kamar mandi tersebut. Untuk cara ini dapat dilakukan selama 15 menit dan dilakukan 2 kali sehari sebagai alternatif terapi di rumah. Dengan begitu, hidung yang tersumbat dan batuk akan semakin mereda.
  • Berikan Madu & Lemon
    Madu dan lemon merupakan bahan alami yang aman dikonsumsi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya sebagai obat untuk mengatasi batuk pilek pada anak-anak.
    Saat anak mengalami batuk pilek, biasanya mereka menjadi kesulitan bernafas karena hidung mereka tersumbat. Oleh karena itu untuk mengatasi batuk pilek anak, bunda dapat memberikan campuran melon dengan madu untuk mengatasi infeksi serta melegakan tenggorokan anak yang sedang batuk.
    Caranya dengan menyiapkan madu, lemon dan air hangat. Campurkan madu & lemon, kemudian tambahkan air hangat dan aduk sampai tercampur dengan baik.
  • Istirahat Cukup
    Untuk beberapa penyakit ada cara untuk menyembuhkannya, yaitu dengan istirahat yang cukup. Terutama anak-anak yang lebih aktif bergerak, mereka juga lebih sering terkena batuk dan pilek. Saat mereka mengalami batuk pilek ini, berarti virus penyebabnya sudah mulai menyerang sistem kekebalan tubuh anak.
    Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka anak akan menjadi lebih sakit, terutama membiarkan mereka bermain di luar, sistem kekebalan tubuh juga akan semakin menurun.
    Jadi untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh kembali dan memerangi virus penyebabnya, anak harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  • Perbanyak Air Putih
    Saat anak mengalami batuk pilek, kemungkinan ingus akan cukup sulit di keluarkan. Jadi ada baiknya jika bunda memberikan anak lebih banyak air putih untuk dikonsumsi anak. Berikan juga air hangat supaya dapat mencegah anak menjadi dehidrasi, mengurangi dan melegakan tenggorokan yang sakit karena batuk pilek tersebut.
    Selain itu air hangat juga dapat membuat lendir dan ingus pada anak menjadi lebih mudah keluar. Karena uap atau air hangat tersebut akan langsung turun ke tenggorokan.
  • Gunakan Minyak Zaitun
    Minyak zaitun dan minyak telon memiliki manfaat yang sama untuk meredakan batuk pilek pada anak dan memberikan rasa hangat pada tubuh mereka. Karena minyak zaitun termasuk minyak essential yang akan mempermudah anak bernafas kembali, bagus juga digunakan untuk bayi yang sedang mengalami batuk pilek atau hidung tersumbat.
    Minyak ini juga dapat digunakan saat bunda ingin melakukan pijatan lembut pada anak supaya badan anak merasa relaks dan tenang meskipun sedang mengalami batuk pilek. Jadi dengan cara alami untuk mengatasi batuk pilek ini sangat dianjurkan, karena tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: