5 Penyakit Berbahaya Akibat Sakit Tipes Pada Anak

5 Penyakit Berbahaya Akibat Sakit Tipes Pada Anak

Banyak orang tua yang salah jika menganggap jika penyakit tipes pada anak hal sepele, pasalnya sudah banyak kasus anak-anak tidak bisa sembuh total dari sakit tipes dan kembali kambuh jika kondisi tubuh menurun. Bahkan ini akan berlangsung hingga dewasa, hal tersebut karena orang tua tidak tanggap saat anak baru memasuki tahapan gejala.

Sakit tipes disebabkan bakteri Salmonella yang akan menular dari makanan dan minuman, bukan hanya dari penderita sakit tipes, namun bakteri tersebut hidup dalam makanan basi dan tidak sehat. Untuk itu, para orang tua harus memperhatikan makanan yang di konsumsi anak-anak, jangan terlalu sering jajan di luar dan lebih baik konsumsi makanan rumahan yang terbukti sehat.

Ternyata jika sakit tipes yang terjadi pada anak dan dewasa tidak mendapatkan penanganan tepat atau tidak beristirahat sesuai anjuran dokter. Maka akan menyebabkan penyakit berbahaya dengan risiko besar, hal tersebut sudah terjadi pada banyak kasus. Memang kebanyakan adalah orang dewasa yang mengabaikan makanan dan tidak beristirahat total, apa saja penyakit tersebut ?.

bahaya sakit tipus pada anak

Ada 5 Penyakit Berbahaya Akibat Sakit Tipes Pada Anak Tidak Sembuh Secara Total

Peradangan Pada Katup dan Selaput Jantung

Jangan meremehkan penyakit tipes yang hanya mengeluarkan ganggua ringan saja, memang bisa sembuh namun jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit serius bahkan berkaitan dengan jantung. Hal ini karena sering mengalami keringat dingin dalam ruangan hingga kencing yang mengeluarkan darah, hal tersebut bisa terjadi pada Anda yang memiliki riwayat penyakit tipes sebelumnya.

Hal tersebut karena kurang menjaga kebersihan pada makanan, gaya hidup tidak bersih dan kurang istirahat. Bahkan saat terkena tipes, Anda mengindahkan anjuran dokter untuk bed rest total, bahkan tetap masuk bekerja. Kasus ini memang jarang terjadi pada anak-anak, namun pasien dewasa kebanyakan yang mengalami tipes saat masih anak-anak.

Pendarahan Dalam Usus

Sakit tipes memang akan banyak mengganggu sistem pencernaan, dimana usus akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan. Sehingga saat sakit tipes sebaiknya berikan makanan yang halus dan mudah di proses pada lambung dan usus. Ternyatanya pendarahan dalam usus akan memicu hipertensi dan adanya darah saat buang air besar.

Inilah yang harus sangat waspada, apalagi jika kondisi tubuh mengalami banyak penurunan, mulai dari berat badan, nafsu makan hingga sakit perut terus menerus. Hal pertama yang harus dirubah adalah pola makanan dan pola hidup sehat, karena penyakit tipes semua bermuara pada makanan.

Menyebabkan Terjadinya Kolesistitis

Kolesistitis merupakan kondisi dimana terjadi gangguan pada punggung dan sistem pencernaan, akan muncul bercak darah di luar perut. Bahkan penderita akan terlihat lebih kurus, ini merupakan komplikasi dari salah makan dan buruk sekali pola makan dalam jangka panjang. Anda harus mendapatkan penanganan dokter segera, karena bisa menyebabkan stroke.

Memicu Pneumonia

Ini adalah gangguan serius yang terjadi pada paru-paru, bukan hanya sistem pencernaan saja. Sakit tipes juga bisa memengaruhi sistem pernapasan, apalagi jika mengalami batuk berdahak dan diare hebat. Dimana rongga pada paru-paru akan terisi dengan air, tubuh akan semakin kurus dan pola makan yang tidak dijaga kebersihannya.

Peradangan Pada Pankreas

Bahkan menyerang organ dalam lainnya seperti pankreas, hal ini karena gejala mual dan muntah terus menerus. Dimana pankreas tidak bisa menyerap semua sari makanan yang dibutuhkan tubuh, peradangan ini akan semakin parah jika terjadi sakit di bagian perut sebelah bawah kanan.

Sangat serius bukan bahaya penyakit tipes pada anak jika tidak diberikan tindakan secara tepat, bahkan penyakit berbahaya tersebut belum ada obatnya sama sekali. Seperti pneumonia dan bocornya katup jantung, sebaiknya memastikan anak benar-benar sembuh dari tipes, memang lama namun ini baik pada saat dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: