Cara Menjaga Kesehatan Tulang Anak

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Anak

Tentunya kita sudah sering mendengar penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Walaupun penyakit ini sering ditemukan pada orang dewasa atau orang yang usianya sudah tua, namun sebenarnya penyakit osteoporosis ini mulai menyerang saat masih berusia anak-anak. Oleh karena itu lah kesehatan tulang anak sangat lah penting dan harus menjadi perhatian orang tua.
Sekarang banyak kita temukan anak-anak yang terkena gangguan pada tulang, baik karena virus maupun karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Untuk itu bunda sebagai orang tua harus mencukupi dan menjaga kesehatan tulang agar tidak terserang virus maupun penyakit yang membahayakan.
Selain itu, tulang yang kuat akan memengaruhi perkembangan otak anak. Tulang yang kuat meningkatkan kecerdasan anak dalam berpikir dan bertindak. Tulang anak harus dijaga sejak dini melalui beberapa cara berikut ini.

Tindakan Pokok untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Pentingnya Asupan Kalsium
Asupan nutrisi memang sangat lah penting. Nutrisi yang cukup membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Anak-anak sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin-vitamin penting dalam tubuh untuk membantu perkembangan otak dan juga tumbuh kembang secara fisik. Saat anak kekurangan vitamin, anak-anak akan terhambat perimbuhannya dan anak mudah terserang penyakit.
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak adalah kalsium. Pentingnya kalsium ini untuk membantu pertumbuhan dan mempertahankan kualitas tulang anak. Kandungan kalsium yang harus terpenuhi oleh anak-anak usia satu sampai sembilan tahun adalah 500 sampai 600 mg per hari. Sedangkan untuk anak-anak yang berkembang remaja usia sepuluh sampai delapan belas tahun adalah 1000 mg per hari.
Untuk orang dewasa kegunaan kalsium adalah untuk memadatkan tulang sedangkan untuk anak-anak kalsium ini sangat penting untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu untuk mencukupi kalsium yang dibutuhkan, bisa melalui makanan yang diberikan ke anak-anak.
Jenis makanan yang terdapat kandungan kalsium yang berlimpah antara lain, susu, ikan, minyak ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, keju, telur dan mentega.

Olahraga Yang Teratur
Pentingnya olahraga lebih baik mulai diajarkan oleh orang tua sejak dini. Sehingga anak-anak mulai terbiasa olahraga dan sudah menjadwalkan sendiri kapan waktu dia untuk olahraga. Kesehatan tulang pada anak juga dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan anak.
Saat anak sering berolahraga maka massa tulang anak juga meningkat. Anak yang tulangnya sering digunakan untuk bergerak, tidak mudah terserang pengeroposan tulang dan tulang tidak mudah patah. Banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan seperti berjalan kaki, lari-lari, bersepeda atau renang.
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, olahraga juga banyak manfaatnya untuk kesehatan anak. Namun, banyak orang tua yang membiarkan anak-anaknya hanya bermain gadget di rumah. Hal ini membuat anak-anak merasa malas saat diberikan materi olahraga baik di rumah maupun di sekolah. Sebaiknya orang tua mulai membiasakan anak berolahraga sejak dini.

Menjaga kesehatan tulang anak

Biasakan Bentuk Tubuh yang Benar
Banyak kita jumpai anak-anak yang pertumbuhan dan bentuk tulangnya tidak sempurna. Walaupun sudah diberikan makanan dan kandungan nutrisi yang cukup, olahraga yang teratur namun saat sikap dan bentuk tubuh tidak benar maka pertumbuhan tulangnya pun bermasalah.
Bentuk tubuh yang tidak benar dipengaruhi dari posisi duduk yang salah. Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan otot-otot tertarik. Begitu sebaliknya apabila posisi duduk sudah benar maka selain bentuk tubuh yang bagus juga kesehatan tulang anak terjaga dan terhindar dari pengeroposan tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: