Gejala Tipes Pada Anak Yang Harus Diketahui Orang Tua

Gejala Tipes Pada Anak Yang Harus Diketahui Orang Tua

Tipes pada anak merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh virus yang menyerang organ pencernaan. Tipes bukan hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga dapat menyerang anak. Hal ini biasanya karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah tercampur mikroorganisme. Gejala tipes membutuhkan perhatian khusus dari orangtua, karena jika tidak ditangani akan berakibat buruk.
Penyakit tipes biasa juga dapat disebut tifus yang ditandai dengan demam tifoid. Penyakit ini oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini pada umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Banyak sekali masyarakat yang terjangkit terutama pada negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia.

Penyakit ini seharusnya bisa ditangani dengan baik dan segera tau gejalanya. Karena jika disepelekan akan sangat membahayakan penderita terlebih anak-anak. Bahkan bayi tidak jarang dapat terserang penyakit ini juga. Para orang tua tentunya tau bahwa daya tahan tubuh anak masih lemah.
Penyakit tipes dapat membahayakan tubuh manusia terutama anak-anak, kesehatan pasca terserang tipes akan terus menurun, maka penderita harus mendapatkan penanganan yang cepat dan lanjut. Penyakit ini umumnya menyerang ssegala usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Inilah Gejala Tipes Pada Anak Yang Harus Diketahui Orang Tua

Beberapa gejala tipes
Ada beberapa gejala tipes yang biasanya disalahpahami dengan gejala penyakit umum yang lain. Gejala tipes yang sangat khas dan menonjol salah satunya yaitu bau yang kurang sedap dari mulut anak. Apabila sudah parah bahkan bisa sampai mengakibatkan pingsan.
Gejala penyakit tipes harus diketahui orang tua agar dapat berhati-hati dalam menangani anak yang terkenan penyakit tipes. Gejala yang dapat diketahui jika anak terkena tipes adalah tubuh anak mengalami deman yang cukup tinggi mencapai 40°C, dan kehilangan nafsu makan, sering sekali mengalami dare, merasakan sakit pada bagian kepala, dan juga sering sakit di bagian perut, tubuh juga merasa lemas dan lesu.

Gejala tipes pada anak
Deman tidak akan tinggi saat pertama kali menyerang, semakin lama suhu deman akan semakin naik hingga diatas 30 derajat. Demam pada penyakit tipes biasanya menyerang saat malam hari dan sembuh di pagi hari, dan terus berlanjut. Inilah yang membedakan dengan penyakit deman berdarah.
Kemudian anak juga akan merasakan nyeri perut disertai dengan diare. Beberapa gejala lain juga menunjukkan batuk yang cukup sering disertai dengan sakit di bagian tenggorokan.
Gejala penyakit ini muncul secara bertahap dalam 1-3 minggu setelah terinfeksi bakteri. Namun beberapa kasus gejala tipes dapat terjai mendadak. gejala tipes pada anak bisa ringan dan berat, tergantung dari kondisi kesehatan, usia, serta imunitas anak. Apabila muncul gejala semacam ini maka orang tua harus segera memeriksakan anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Pencegahan Penyakit Tipes
Berbagai jenis makanan yang tersedia di sepanjang jalan dan biasanya penjual makanan tersebut membuat makanan dengan bentuk dan warna yang menarik hingga memikat dan diminati banyak orang khususnya anak-anak. Anak akan sangat tertarik dengan tampilan makanan yang berwarna warni dan dengan bentuk yang lucu tanpa memperdulikan kebersihan dari makanan itu.
Orang tua harus cermat dalam memilih jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi naka. Salah satunya dengan mengetahui gejala tipes anak, dan dapat segera menangani serta memberikan pertolongan pertama pada anak. Peran orangtua khususnya ibu, membuatkan bekal pada anak dan minuman sehingga dipastikan anak tidak membelli makanan sembarangan yang ada dilingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: