Kegiatan Ini Dapat Mengasah Dan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kegiatan Ini Dapat Mengasah Dan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak memang sangat diperhatikan oleh orang tua. Namun orang tua biasanya hanya memperhatikan aspek-aspek kecerdasan dan pengetahuan pada anak. Padahal banyak sekali aspek yang bisa menambah perkembangan anak. Kemampuan anak memperhatikan dan berkonsentasi akan menambah implus otak dan daya ingat menjadi kuat,

Kemampuan perencaan anak, dapat dilatih untuk meningkatkan dan seperti kemampuan untuk melakukan berbaga kegiatan dituamh Anda bersama Anak. Kegiatan itu tidak hanya melatih otak anak, tetapi juga akan mempererat hubungan anak dengan Anda. Beriku anda dapat mencotoh kegiatan yang meningkatkan kecerdasan pada anak.

Kegiatan Ini Dapat Mengasah Dan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Menggambar dan Mewarnai

Pada saat menggambar dan mewarnai, maka otomatis anak diharuskan untuk berkonsentasi. Anak akan melibatkan seluruh anggota tubuh, pikiran, dan perasaan mereka secara bersamaan. Sehingga membuat anak lebih memahami bagaimana menggunakan kekuatan otak anak untuk melakukan aktivitas ini.

Bercerita

Dengan bercerita atau bisa disebut dengan storytelling, maka bukan hanya sebagai pengantar tidur anak saja. Anak yang mendengarkan cerita Anda, akan terlatih untuk memberikan atensi atau konsentrasi pada apapun yang Anda katakan. Selain itu juga, dengan mendengarkan cerita akan menstimulasi bagian otak yang berbada dengan bagian otak ketika anak membaca buku bergambar. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan anak mengingat.

Apa ini? Apa itu?

Anda dapat mencoba memasukan berbagai jenis mainan didalam sebuha kantung kain. Dan Anda dapat memberikan teman permainan tersebut, contohnya hewan, transsportasi dan lainnya. Lalu coba tantang anak Anda untuk menebak permaian yang ada didalam kantung dengan cara merabanya.

Anda dapat membiarkan anak Anda merabanya dari luar kantung, atau dapat dari dalam dan menyuruhnya untuk menutup mata. Permainan ini dapat membutuhkan daya ingat serta kemampuan anak untuk menghubungkn informasi sensorik pada anak dengan pengetahuan mengenali bentuk.

Bermain Detektif

Memperkenalkan anak Anda pada beberapa benda, kemudian benda itu disembunyiakan. Tantang Anak untuk menemukan dengan memberikan sebuah petunjuk untuk membawanya menemukan benda tersebut. Permainan interaktid ini akan sangat membantuk dalm mengasah kemampuan perencanaannya. Anak aan menghubungkan petunjuk verbal dengan hal yang ada disekitarnya.

Memasak Bersama

Tentu saja anak menyukai makanan yang ringan dan yang manis, seperti cookies dan biskuit. Hal ini juga merupakan manfaat dengan mengajak membuat kue bersama.

Memasak dengan cara mengikuti resep yang ada di internet atau majalah akan menjadi anak dalam perencanaan dan melatih anak memperhatikan langkah dalam perencanaan. Anak akan mengikuti secara sabar dan bertahap tiap langkah-langkah nya secara seksama.

Bermain Peran

Anda dapat memerankan sebuah drama dengan anak Anda untuk melatih daya ingat. Anak diharukan menjadi karekter yang sesuai dengan dialog yang ada di plot. Ini akan melatih pengendalian diri anak serta memberikan rasa percaya diri pada anak. Permainan dokter-dokteran akan mengasah kemampuan dialog anak, dengan menghapal dialog-dialog yang berbau bahasa kesehatan akan menambah kosakata anak juga.

Playland

Tidak perlu repot-repot untuk pergi ketaman bermain demi mendapatkan rintangan bersama anak. Anda dapat menyusun taman bermain dengan karya yang bisa Anda lakukan sendiri, dapat menggunakan barang yang Anda di rumah seperti sofa, meja, kursi makan, dan lainya.

Dengan bermain ini akan menantang anak Anda untuk berpikir lebih kreatfi dalam menghadapi suatu rintangan yang berbeda-beda didalam usaha mencapai garis finish. Kegiatan ini akan melatih anak untuk mengontrol gerak tubuh dan fisiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: