Lakukan Pertolongan Pertama Diare Pada Anak

Lakukan Pertolongan Pertama Diare Pada Anak

Diare pada anak memang dapat mengkhawatirkan sejumlah orang tua,untuk itu orang tua juga harus riap siaga jika sewaktu-waktu anak mengalami penyakit atau gejala diare. Anda tidak perlu khawatir jika sang buah hati terserang penyakit ini, yang Anda lakukan adalah memberikanpertolongan pertama sebelum Anda membawanya ke dokter. Untuk itu simak hal apa yang harus Anda lakukan
Penyebab diare bianya karena adanya infeksi diusus, infeksi pada sus ini terjadi jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh mikroorganisme sehingga menyebabkan diare. Mikroorganisme yang dapat menginfeksi usus yaitu bakteri, virus(rotavirus), dan parasit.

anak terkena diare

 

Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama diare pada anak, sebelum Anda mambawa anak ke dokter.

Berikan cairan yang cukup
Ketika Anak sedang mengalami diare, hal pertama yang Anda lakukan adalah memberikan cairan yang cukup. Saat diare anak cenderung megeluarkan cairan bersamaan dengan feses. Memberikan cairan disini bertujuan untuk menghindarkan anak dari dehindrasi yang berbahaya. Jenia cairan yang dapat diberikan yaitu air putih, atau larutan yang mengandung elektrolit yang bisa dibuat dari gabungan garam dan air, sup kaldu tulang, dan es. Jangan memberikan susu karena akan memperburuk kondisi perut.

Coba berikan makanan yang hambar
Setelah anak mendapatkan cairan yang cukup, dapat Anda lanjutkan dengan memberikan makanan ringan yang rasanya hambar. Makanan yang hambar akan menghentikan diare dengan cepat. Contoh makanan hambar seperti roti bakar, nasi putih, bubur apel dan buah pisang. Makanan ini bisa anda berikan selama 48 jam hingga diare berhenti sendiri.
Coba berikan makanan yang mengandung lemak nabati

Kemudian tubuh anak juga membutuhkan nutrisi yang mengandung lemak. Anda bisa mencoba memilih Selanjutnya tubuh anak membutuhkan nutris yang mengandung lemak nabati. Jenis makanan yang mengandung lemak nabati seperti sereal, kacang-kacangan, sup sayuran dengan kaldu, serta roti gandum yang halus. Lemak dapar mengikat makana dengan baik, dan lemak juga membuat anak menjai lebih sehat.

Coba berikan pisang
Buah pisang sangat baik bagi perut anak. Buah yag tidak masam dan manis dapat mengurangi rasa sakit perut. Selain itu pisang huga mengandung elektrilit alami yang membantu akan menyarap cairan dengan sangat baik. Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6 dan Vitamin A yang membentuk sistem kekebalan tubuh nak dengan alami.

Coba berikan kentang
Rasa perih dan perut kosong dirasakan pada anak yang mengalami diare. Untuk itu cara mengatasinya dengan mencoba memberikan kentang yang sangat baik untuk mengisi kosongnya perut anak sehingga tidak terlalu sakit. Kentang diolah dengan cara direbus dan tidak menggunakan bumbu apapun. Jangan memberikan kentang goreng pada anak, karena dapat membuat perut semakin sakit.
lakukan Pencegahan agar diare tidak datang kembali

Mengajarkan pola hidup sehat pada anak untuk mencegah timbulnya kembali diare pada anak, dan rajiin mencuci tangan sebelum makan dan setelah kekamar kecil. Untuk Anda cobalah mencuci semua peralatan dapur serta bahan masakan sebelum digunakan, agar terbebas dari virus rotavirus.

Selain makanan yang harus dihindari, yang terpenting adalah dengan menjaga kebersihan anak, dengan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, serta sehabis dari kamar kecil. Agar virus dan bakteri penyebab diare tidak menyebar. Dan mengurasi resiko terjadinya infeksi pada usus anak Anda.

Pastikan memasak makanan dengan bahan yang segar, menyimpan makanan pada kulkas dan tidak membiarkan makanan berada di suhu ruang terlalu lama dapat menjaga makanan tetap baik dikonsumsi. Untuk Anda cobalah mencuci semua peralatan dapur serta bahan masakan sebelum digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: