Mencegah Gigi Berlubang Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Mencegah Gigi Berlubang Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Salah satu penyebab umum dari timbulnya sakit gigi pada anak adalah karena gigi yang berlubang. Anak-anak memang cenderung lebih mudah mengalami gigi berlubang bahkan keropos. Hal ini bisa diakibatkan oleh asupan makanan maupun kebiasaan yang kurang baik. Sebagai orangtua, mencegah terjadinya gigi berlubang dapat menghindarkan si kecil dari sakit gigi yang cukup menyiksa.
Saat sedang sakit gigi, anak akan merasa sangat menderita. Biasanya bukan hanya giginya saja yang sakit, tetapi juga kepalanya. Bahkan tak jarang, sakit gigi yang terjadi pada anak dapat menyebabkan sakit kepala.

 

Cara Mencegah Gigi Berlubang Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

  • Jangan biasakan si kecil tidur dengan mengisap dot
    Saat periksa biasanya dokter akan mengingatkan pada orangtua agar tidak terbiasa menidurkan anak dengan botol dot yang masih menempel, baik untuk tidur siang maupun tidur malam. Cairan yang rasanya manis akan melekat pada gigi dan mulut bayi akan melekat pada gigi dan menjadi sarang dari bakteri. Bakteri inilah yang mengeluarkan asam dan memicu terjadinya gigi berlubang.
  • Hindari makanan manis atau asam
    Kedua jenis makanan, baik manis maupun asam dapat membuat lubang pada gigi semakin parah.Ketika gigi sudah berlubang dan konsumsi makanan manis atau asam tidak dibatasi, maka dapat menimbulkan sakit gigi. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makanan atau camilan yang manis-manis atau ganti camilan si kecil dengan buah-buahan segar atau krakers gandum.
  • Menyikat gigi dua kali sehari
    Dua kali sehari adalah jumlah yang paling ideal untuk menggosok gigi. Ajari si kecil untuk membiasakan diri menyikat gigi minimal dua kali sehari. Pertama, setelah makan pagi dan yang kedua sebelum tidur. Biasakan juga anak-anak untuk berkumur-kumur setelah makan. Tujuannya adalah untuk mencegah penumpukan sisa makanan pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.
  • Gunakan pasta gigi yang tinggi fluoride
    Gigi berlubang masih dapat ditangani dengan remineralisasi, yaitu dengan mengganti mineral gigi yang hilang. Salah satunya adalah dengan pasta gigi yang kaya dengan kandungan fluoride. Gunakan secukupnya saja, setidaknya sebesar biji jagung.
  • Berkumur dengan air garam
    Air garam juga merupakan antiseptik yang alami untuk mengatasi sakit gigi anak sekaligus membunuh bakteri. Larutkan 1 sendok teh garam dalam 100 ml air hangat, gunakan untuk berkumur 2 kali sehari.
  • Pastikan asupan kalsium dan vitamin D tercukupi
    Kalsium dan vitamin D berperan sangat penting pada masa tumbuh kembang anak. Kalsium dan vitamin D membantu pertumbuhan tulang dan gigi sekaligus menjaganya agar tetap kuat. Agar gigi anak sehat dan kuat, pastikan agar kebutuhannya akan kalsium tercukupi setiap hari.
  • Gunakan minyak cengkeh
    Minyak cengkeh adalah antiseptik alami yang dapat membantu mencegah keparahan gigi berlubang. Ketika gigi anak mulai berlubang, teteskan 2-3 tetes minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang berlubang. Lakukan 2 kali sehari.
  • Periksa ke dokter 6 bulan sekali
    Perawatan gigi memerlukan dokter spesialis karena lebih rumit dan harus telaten. Oleh sebab itu, lakukan kontrol ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Dokter akan memeriksa apakah ada masalah dengan gigi. Dokter juga akan membersihkan plak dan karang gigi yang masih menempel. Jadi, jangan hanya ke dokter ketika sakit gigi pada anak sudah parah.
    Demikian cara untuk mencegah gigi berlubang pad anak sekaligus membuatnya agar tidak gampang sakit atau bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: