Obat Diare Paling Ampuh Untuk Balita

Obat Diare Paling Ampuh Untuk Balita

Diare adalah merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dimana telah terjadi gangguan pencernaan yang mengakibatkan peradangan usus yang disebabkan oleh beberapa faktor. peradangan usus dapat menyebabkan seseorang menderita mual, sakit perut dan sering buang air besar tetapi feses yang dikeluarkan hanya berisi air saja.

Cara Menyembuhkan Diare Anak Paling Ampuh

Diare yang belum parah dapat diatasi dengan beberapa ramuan tradisional yang dapat dibuat sendiri dirumah karena ramuan ramuan itu dapat mengurangi pengeluaran volume feses yang berisi air, dapat meningkatkan cairan tubuh dan mengentalkan feses yang akaan dikeluarkan serta dapat meredakan rasa nyeri pada perut. Berikut beberapa obat diare paling ampuh untuk anak.

  1. Mengkonsumsi pucuk daun muda jambu biji

pucuk daun jambu biji dapat dimakan bersama garam sesuai keinginan. ramuan sederhana ini dapat mengurangi rasa melilit pada perut dan mengehentikan frekuensi feses yang cair (mencret) agar tidak terus menerrus buang air besar.

  1. Minum Air Rebusan Daun Singkong

Meminum air rebusan daun singkong dapat meredakan sakit perut dan mual mual serta menghentikan mencret yang berlebihan.

  1. Mengkonsumsi Air Kelapa

Mengkonsumsi air kelapa sangat baik bagi penderita diare karena air kelapa mengandung zat belektrolit alami yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang serta mampu menghancurkan aktifitas bakteri penyebabb  diare.

  1. Mengkonsumsi Jus Blewah

Jus buah blewah mengandung banyak zat isotinik alami yang dapat meningkatkan cairan tubuh yang hilang pada penderita diare. blewah juga mampu meredaakan sakit perut dan mual mual.

  1. Buah Pisang

Rasanya yang manis dan mudah ditemukan, membuat pisang menjadi salah satu buah favorit semua orang termasuk si kecil. Kenapa buah pisang, karena buah ini dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang saat tubuh kehilangan cairan dan nutrisi karena diare.

  1. Jahe

umbuhan jamu ini sudah lazim digunakan untuk mengatasi bebagai penyakit, termasuk untuk mengobati diare. Jahe digunakan dalam pengobatan keracunan makanan dan juga dapat membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut.

  1. Nasi Putih

ni sebenarnya bukan kategori obat diare, namun lebih tepat dimasukkan ke dalam kelompok makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diare. Nasi putih adalah salah satu makanan baik dikonsumsi selama diare karena mudah dicerna. Selain itu, dapat membantu mengurangi jumlah tinja encer dengan cara memambah volume padat pada tinjan.

  1. Sup Wortel

Sup wortel adalah makanan sehat yang diyakini memiliki efek antidyspeptic. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak memulihkan diri dari diare karena memberikan nutrisi penting yang hilang selama diare.

  1. Banyak Minum

Salah satu komplikasi atau dampak bahaya akibat diare adalah dehidrasi atau hilangnya sebgaian besar cairan tubuh, baik melalui mencret ataupun muntah. Oleh karena itu cairan yang hilang ini harus segera diganti dengan cara banyak minum.

Demikian artikel ini, perlu kita ketahui bahwa anak-anak sering sekali terserang penyakit seperti diare. Kenapa demikian, karena anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah dan belum sempurna. Jadi kita tidak bisa memberinya sembarangan obat apalagi obat yang mengandung zat kimia tentu itu tidak baik bagi tubuhnya, karena biasanya obat yang mengandung zat kimia memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh anak. Usahakan untuk mengguanakan obat teradisional, terkecuali diare yang anak derita sudah termasuk diare yang parah barulah anda membawanya ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: