Sakit Gigi pada Anak sebaiknya Diberi Obat Apotek atau Tradisional

Sakit Gigi pada Anak sebaiknya Diberi Obat Apotek atau Tradisional

Makan memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia untuk memenuhi energi tubuh dalam menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya. Lantas, bagaimana jika seketika gigi merasa sakit? tentu, asupan makanan setiap harinya menjadi berkurang. Mengingat, rasa sakit gigi memang sangatlah sulit untuk dikendalikan terlebih lagi jika untuk mengunyah makanan maka gigi akan terasa sakit luar biasa.

Terlebih lagi, jika sakit gigi tersebut di derita oleh anak maka pola makannya menjadi tidak teratur. Dalam kondisi sehat saja sang anak terkadang sangat sulit untuk diajak makan apalagi ditambah dengan sakit gigi. Hal ini tentu akan membuat orangtua menjadi resah dan bingung hingga mencari berbagai obat untuk mengobati rasa sakit yang dideritanya.

Namun, tidak sedikit dari orangtua yang merasa kebingungan dengan obat yang akan diberikan kepada anak saat mengalami sakit gigi sebaiknya obat apotek atau tradisional? Informasi lengkapnya akan kami ulas dibawah ini.

Sakit Gigi pada Anak sebaiknya Diberi Obat Apotek atau Tradisional

Pada dasarnya semua jenis obat-obatan baik dari apotek ataupun tradisional memang baik untuk meringankan gejala sakit gigi anak. Asalkan, orangtua memberikannya secara tepat dan sesuai dengan dosis yang diberikan. Untuk informasi lengkapnya terkait dengan berbagai jenis obat apotek dan tradisional yang kerap dimanfaatkan sebagai pereda sakit gigi anak yaitu:

Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan obat sakit gigi pada anak yang dapat Anda jumpai di apotek atau toko obat lainnya. Obat ini bisa bekerja untuk meredakan rasa sakit gigi berlebih yang disebabkan oleh kerusakan gigi. Meski demikian, obat asam mefenamat tidak disarankan untuk dikonsumsi pada anak yang mempunyai masalah pada sistem pencernaan.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat sakit gigi anak yang terbukti efektif dalam meringankan rasa nyeri pada gigi atau sekitar gigi yang sakit. Selain itu, ibuprofen juga bisa menurunkan demam pada sang buah hati. Obat ini memang terbukti efektif dalam mengobati sakit gigi anak, meski demikian Anda tetap harus memberikannya sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Paracetamol

Obat paracetamol memang kerap dimanfaatkan untuk menurunkan panas dan dijadikan sebagai anti piretik. Meski demikian, pasalnya paracetamol juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi naka mulai dari usia 6-12 tahun. Anda dapat membelinya di apotek atau toko obat baik dalam bentuk tablet ataupun sirup.

Madu

Madu merupakan obat sakit gigi tradisional yang sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita dalam mengobati sakit gigi anak. Rasanya yang nikmat inilah sehingga tidak terlalu sulit untuk diberikan kepada anak. Lain halnya, jika kita memberikan obat otomatis anak terkadang enggan untuk meminumnya. Madu tersebut sebaiknya dimanfaatkan untuk berkumur dengan menambahkan air pada madu tersebut.

Garam

Tidak sedikit orang yang selalu merekomendasikan air garam hangat untuk mengobati sakit gigi anak. Hal ini dikarenakan, khasiat obat tradisional ini memang sangatlah ampuh. Anda hanya perlu memanfaatkan garam yang dicampurkan dengan air hangat lalu buat kumur, maka seketika rasa sakit gigi tersebut akan mereda.

Bawang Merah

Bawang merah atau bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menangani sakit gigi. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk bawang merah dan oleskan pada gigi yang sakit, diamkan selama 10 menit lalu kumur dengan air bersih.

Itulah beberapa jenis obat apotek ataupun obat tradisonal untuk mengobati sakit gigi. Pada dasarnya, semua jenis obat-obatan tersebut baik jika dikonsumsi sesuai dengan porsi yang ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: